Pages

Jumat, 04 Juni 2010

Merancang Font Menggunakan Windows XP

Yang kita tahu, kita bisa download font apapun dari internet untuk mempercantik desain atau dokumen yang kita buat. Tapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa membuat font sendiri? Pakai software apa ? Jawabannya tanpa software apapun.

Yang tidak banyak orang tahu adalah, Microsoft telah menyediakan software khusus yang telah ada di dalam MS Windows XP yang fungsinya untuk mendesain font. Nama software itu adalah “Eudcedit.exe”. Cara meluncurkannya gampang. Tinggal lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Klik tombol Start terlebih dulu.
  2. Setelah itu, pilihlah Run.
  3. Ketik “Eudcedit”.
  4. Tekan tombol Enter.
Kemudian di dalamnya anda dapat menggambar bentuk font sesuai dengan kenginginan anda, layaknya anda menggambar dengan fasilitas Paint yang ada di windows.

Setelah anda dengan satu font simpan terlebih dahulu font yang sudah anda buat dengan menekan File > Font Links. Maka selanjutnya akan muncul jendela baru dapat anda tekan OK.

Untuk mengecek apakah font anda sudah terinstall ke dalam windows anda dapat menjalankan program pengolah kata semisal word. Selanjutnya di dalam program tersebut anda gunakan lagi menu Run dan ketikkan “charmap”. Akan muncul jendela baru yang digunakan untuk menyisipkan karakter, pada pilihan Font anda cari dan pilih All Font (Private Character) maka akan tampil font yang sudah anda buat tadi, untuk menggunakannya klik font yang ingin anda gunakan kemudian klik pilihan select yang terdapat di bagian bawah jendela lanjutkan dengan meng-copynya.

Berpindah ke program pengolah kata yang anda gunakan, pastekan font yang sudah anda pilih tadi untuk melihat hasilnya.

Selamat Mencoba…!

0 komentar:

Posting Komentar